16 July 2016

Eksplorasi Sisi Berikut Jika Ingin Foto Anda Terlihat Menonjol dan Tak Seragam

akangrifan.net - Salah satu "penyakit" dalam fotografi adalah terciptanya foto-foto yang mirip, identik, sudut pandang hampir sama bahkan bisa jadi mirip dengan kartu pos yang dijual ditempat tempat wisata. Foto-foto seperti ini jika diikutkan dalam lomba foto maupun pameran foto pasti terpinggirkan. Paling banter hanya satu foto dengan kualitas luar biasa yang diambil untuk mewakili.

Masih ingat istilah dalam fotografi bahwa 
Vision lebih penting daripada gear. 
Vision (cara pandang dan ide) dari fotografer yang akan menentukan apakah sebuah karya foto menjadi menonjol atau tidak, layak atau tidak. Bahkan lebih penting dari gear atau alat yang digunakan.

Vision sendiri adalah gambaran / sudut pandang unik imaginer yang ingin diciptakan seorang fotografer. Jadi jika ada yang mengatakan disana ada objek bagus, bawa kamera dan lensa ini, ambil dari sisi sini pada jam ini nanti hasilnya bagus. Artinya, itu vision orang lain. Kalau Anda olah sendiri, pikirkan sendiri, olah ide sendiri, jepret sendiri.Nah itu vision Anda sendiri.
Vision ini juga bisa diartikan melihat yang orang lain tidak melihat.
Menyadari yang orang lain tidak menyadari.

Foto foto ini bisa menjadi referensi.
Dua warga tengah berfoto dengan latar belakar kepulan asap saat kebakaran melanda sebuah pabrik di kawasan Pesing, Jakarta Barat, 13 Februari 2012. Peraih Photo of The Year 2013 dan Pemenang I Kategori Daily Life.
Foto Credit: MEDIA INDONESIA / ANGGA YUNIAR

Foto Rhein II belum terkalahkan sebagai foto termahal di dunia saat ini. Pada lelang tahun 2011, kreasi seniman Jerman Andreas Gursky itu terjual USD 4,3 juta atau sekitar Rp 58,3 miliar


Vision ini bisa juga diasumsikan ide. Ide itu mahal. Lain kepala bisa lain ide. Itulah sisi unik yang hendaknya Anda optimalkan jika ingin Foto Anda terlihat menonjol. Anda dapat membawa suasana yang Anda rasakan kepada penikmat foto Anda. Anda bisa membuat kesan foto Anda begitu dalam dan dramatis.

Kristupa Saragih, pemilik Fotografer.net yang juga sering menjadi juri lomba foto tingkat nasional ini mengatakan bahwa
Ide membedakan satu fotografer dengan fotografer lainnya. Teknik itu penting, tapi idenya yang lebih penting. Tidak semua fotografer bisa menemukan ide brilian ketika memotret satu objek.
Namun, perlu dicatat sebelumnya, bahwa ide yang baik akan mampu tertuang dalam hasil foto yang luar biasa jika:

  1. Anda menguasai teknik dasar fotografi.
  2. Perbanyak latihan dan praktik
  3. Memilih peralatan (kamera, lensa, asesoris) yang benar benar Anda kuasai.
  4. Jangan berharap mendapat banyak keberuntungan
  5. Belajar dari foto orang lain dan "Tingkatkan" selera foto Anda. 


Artikel Terkait

Eksplorasi Sisi Berikut Jika Ingin Foto Anda Terlihat Menonjol dan Tak Seragam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments