04 May 2016

Suka Memotret di Pantai Atau Laut, Bawa Beberapa Alat ini Untuk Keamanan Kamera

 Memotret air laut adalah sesuatu yang tak pernah membosankan. Pantai, landscape, nelayan, bahkan lumba lumba di lautan. Anda pun bisa memilih dari posisi mana sudut pengambilan gambarnya. Dari tebing, tepi pantai, bebatuan pemecah gelombang, atas kapal dll.

Yang sering diabaikan adalah kondisi kamera jika terkena air laut. Seperti yang kita tau, air laut bersifat korosif karena mengandung garam yang cukup tinggi. Beberapa baut kecil, logam dan beberapa bagian kamera yang sensitif terkena air laut harus diberikan penanganan dengan baik.


Poin penting yang harus diingat adalah peralatan elektronik termasuk juga kamera dan lensa akan menjadi short (korslet) pada komponennya dan dapat mengakibatkan kerusakan lebih serius akibat terjadi hubungan pendek yang dihantarkan oleh benda cair (air) pada jalur/sirkuit elektroniknya. Jadi intinya dalam kasus ini adalah bagaimana caranya agar cairan tidak menjadi penghantar pada komponen elektronik didalam perangkat sehingga tidak mengakibatkan short yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen.


Tak ada salahnya Anda siapkan beberapa "alat sepele" berikut ini.

1. Blower Pembersih Kamera
Alat ini memang sebaiknya dibawa untuk menangani debu/ pasir pantai dan percikan air yang sulit terjangkau. Tekanan udaranya cukup kuat untuk membersihkan debu daripada ditiup pakai mulut. 
2. Alkohol
Alkohol bisa membersihkan air laut yang menempel pada logam dan beberapa bagian yang sensitif air laut.
3.Cutton Buds
buat apa? buat mengoleskan alkohol ke body kamera atau lensa yang terkena air laut. Alkohol cukup mumpuni untuk menghilangkan korosi. Dan Cutton Buds sangat murah dan ringan. Jadi tak ada salahnya dibawa untuk jaga-jaga.
4. Tissu Lensa

Tissu lensa ini khas kehalusannya dan memiliki daya serap sangat baik. Kalau Anda salah memilih tissu dan ternyata seratnya kasar bisa berbahaya malah karena bisa menggores.

4 Alat tersebut bisa dibawa atau dipilih beberapa saja sesuai fungsinya namun yang utama tetap berhati hati ketika menggunakan kamera dan bersentuhan dengan air laut. 

Pada intinya jangan sampai air laut yang mengenai kamera sampai kering dan menyebabkan korosi di kamera Anda atau bahkan menyebabnya konsleting pada komponennya.

Kalau dana anda cukup tak ada salahnya membeli waterproof untuk DSLR/ Mirrorless


Tapi, kalau terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya terlanjur tercebut air laut? apa yang harus dilakukan?
  1. Lepas Batere dan memori
  2. Tanpa melepas lensa, siram kamera dengan air tawar bersih. Pastikan air laut ternetralkan dengan baik. Air laut yang dibiarkan akan menyebabkan korosi.
  3. Keringkan kamera dengan tisu
  4. Lepas strap dan jemur
  5. Dengan menggunakan blower, semprot sisi-sisi kamera yang memungkinkan air masuk ke dalam body. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan air.
  6. Jemur atau angin-anginkan kamera anda
  7. Bawa segera kamera ke tempat service terdekat. Inget, setelah melakukan tindakan di atas, jangan gunakan kamera untuk memotret dulu.
 


Artikel Terkait

Suka Memotret di Pantai Atau Laut, Bawa Beberapa Alat ini Untuk Keamanan Kamera
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Load Comments