02 April 2013

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara (Liputan)

1:02 PM

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Wawancara (Liputan) itu apa saja sih? Dalam melakukan tugas peliputan atau jurnalistik, seorang jurnalis tidak boleh asal "ngawur" berangkat, nggak persiapan bahan, nggak persiapan etika berwawancara, dan nggak persiapan hal-hal yang tidak terduga sebelumnya.

Beberapa hal yang hendaknya kamu cek dulu sebelum wawancara diantaranya adalah:


Kelengkapan Jurnalis
Kelengkapan jurnalistik seperti seragam, identitas pers/pers sekolah, recorder (MP3, HP, atau BB), buku catatan, pulpen, harus sudah siap semua. Ini akan membantu kamu sebagai password ketika sang narasumber kesulitan mengenali kamu sebagai seorang jurnalis. Jika diperlukan kamu juga bisa bawa surat tugas peliputan.



Cek sumber daya
Maksud dari  cek sumber daya adalah cek kondisi peralatanmu masing-masing. Apakah batere sudah terisi full, cek pulpen masih berfungsi atau mati, apakah topi sudah terbawa (jika kemungkinan di tempat panas),  bawa air minum kalau perlu. Mengapa? Karena belum tentu narasumber datang tepat waktu.




Lakukan Riset Awal
Sebelum melakukan tugas peliputan atau wawancara hendaknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu berbagai hal yang berkaitan dengan hal yang akan kamu tanyakan. Jangan tanyakan "stupid question"/ pertanyaan yang "bodoh". Maksudnya? Yang seharusnya sudah bisa dijawab dengan browsing di Internet ya tidak perlu ditanyakan. Hal ini juga akan mempengaruhi pandangan narasumber terhadap kamu dan institusi yang kamu berada di bawahnya. Kamu juga akan dipandang sebagai jurnalis cerdas yang menanyakan hanya "smart question" saja. Maka, wajib riset sebelum wawancara.




Siapkan Pertanyaan
Setelah riset dilakukan segeralah susun beberapa pertanyaan mendasar yang akan kamu ajukan ke narasumber. Siapkan yang wajib ditanyakan dulu. Selain itu boleh kamu siapkan beberapa pertanyaan cadangan. Dan jangan lupa, karena kemungkinan tidak ada waktu banyak, susunlah pertanyaanmu dari yang paling penting, wajib ditanyakan, baru yang biasa-biasa saja. 






Siapkan Diri Menghadapi Hal-Hal yang Tidak Terduga
Pada kenyataan atau praktiknya, apa yang kamu bayangkan atau apa yang kamu duga sebelumnya hampir pasti berbeda. Oleh karenanya siapkan rencana B, C, D dan selanjutnya. Termasuk juga jika tidak jadi/ batal wawancara. 







Catat Kontak, Nomor Lengkap Narasumber 
Terakhir, catat nama lengkap sang narasumber, cari tau latar belakangnya (browsing dulu). Jika ada yang hendak ditanyakan lebih lanjut kan bisa menghubungi sang narasumber di lain kesempatan.



Sampun, Semoga bermanfaat bagi yang sedang belajar jurnalistik, atau belajar meliput berita
Salam Kreatif

Akang Rif'an

Ditulis Oleh

akangrifan.net berisi tutorial desain grafis, teknik blogging, Ms.Office, Tips keren, fotografi, dan jurnalistik. Artikel original tulisan Rif'an Zaenal Ehwan (Akang Rif'an). Artikel ini boleh digandakan, disimpan, dicetak untuk kepentingan non-Komersil. Copy Paste diijinkan dengan mencantumkan url artikel ini lengkap sebagai sumbernya. Salam kreatif, Akang Rif'an (Blogger,desainer grafis,fotografer di RF art)

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2013 Rif'an Zaenal Ehwan. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top
Nggak mau ketinggalan info? like dulu deh
×
bloggerWidget